Tahukah Anda: Gelar Dokter Spesialis dan Artinya


 

Bagi masyarakat awam gelar dokter adalah istilah sehari-hari, hampir semua orang mengerti dan tahu apa dan bagaimana dokter itu. Tapi seiring dengan kecenderungan spesialisasi kedokteran-dan ini juga terjadi di lapangan profesi lain- maka gelar-gelar dokter yang lain semakin banyak sesuai dengan bidang spesialisasinya. Beberapa gelar spesialisasi mungkin sudah dikenal cukup luas, namun masih banyak pula yang belum diketahui oleh masyarakat awam.

Profesi Dokter dengan Brand Imagenya sebuah stetoskop (dari www.minimumsalaris.com)

Profesi Dokter dengan Brand Imagenya sebuah stetoskop (dari http://www.minimumsalaris.com)

Nah tulisan ini sekedar memberikan penjelasan singkat tentang gelar-gelar spesialis tersebut serta bidang tugas mereka. Semoga bisa bermamfaat terutama bagai mereka yang sehari-hari lewat jalan dimana papan praktek dokter terpampang lengkap dengan semua embel-embel gelarnya, dan ingin tahu apa arti dari singkatan gelar-gelar tersebut.

  • Sp.PD: Spesialis Penyakit Dalam. Gelar ini saya kira cukup jelas, hanya saja banyak pula sub spesialis di dalamnya, dimana seorang Sp.PD menjadi ahli di dalamnya. Biasanya gelar tambahan ini banyak dimiliki oleh dokter sekaligus dosen di fakultas kedokteran. Contohnya: KGH: Konsultan Ginjal Hipertensi, KGEH: Konsultan Gastro-Entero-Hepatologi, KKV: Konsultan Kardiovaskular, KHOM: Konsultan Hematologi-Onkologi Medik, dan lain-lain. Ada kemungkinan sub-sub bagian ini akan berkembang menjadi spesialisasi sendiri di masa yang akan datang seperti yang sudah terjadi pada beberapa sub bagian penyakit dalam tertentu.
  • Sp.P: Spesialis Paru. Ini merupakan pengembangan sub bagian penyakit dalam menjadi spesialisasi sendiri. Spesialis ini menangani berbagai penyakit paru-paru.
  • Sp.JP: Spesialis Jantung dan pembuluh. Merupakan pengembangan spesialisasi dari penyakit dalam. Ahli ini menangani pasien jantung dengan kemampuan untuk melebarkan atau  memasang cincin pada penyempitan pembuluh koroner yang menyebabkan serangan jantung, memasang alat pacu jantung, dan berbagai tindakan invasif lainnya.
  • Sp.A: Spesialis Anak. Ini mungkin selevel dengan Sp.PD dalam cakupan ruang lingkup tugas dan tanggungjawabnya,hanya bedanya mereka  menangani pasien anak. Berbeda dengan Sp.PD, Sp.A nampaknya tidak membakukan gelar-gelar konsultan sub bagian seperti pada Sp.PD. Hanya saja di belakang gelar Sp.A biasanya ditambah dengan hurup K yang artinya konsultan jadi gelarnya menjadi Sp.A(K).
  • Sp.S: Spesialis Saraf. Menangani penyakit-penyakit saraf atau terkait dengan fungsi otak, saraf tulang belakang, dan saraf tepi. Penyakit-penyakit seperti stroke, kelumpuhan, ayan atau epilepsi adalah contoh penyakit yang ditangani oleh spesialisasi in. Untuk konsultan biasanya di tambah pada bagian akhir dengan huruf K : Sp.S(K)
  • Sp.PK: Spesialis Patologi klinik. Dokter ini lebih banyak bertugas di laboratorium untuk memeriksa dan menginterpretasi pemeriksaan laboratorium pasien, contohnya pemeriksaan darah, pemeriksaan cairan otak, pemeriksaan lab yang lain. Biasanya mereka tidak membuka praktek sendiri dengan gelar spesialisnya, tapi kadang mereka berpraktek sebagai dokter umum. Untuk konsultan memakai tambahan hurup K.
  • Sp.PA: Spesialis Patologi Anatomi. Spesialis ini juga lebih banyak bekerja di laboratorium, hanya saja yang mereka periksa adalah sel dan jaringan tubuh. Sebagai contoh apabila seseorang memiliki benjolan di payudara, maka dokter spesialis ini bisa mengambil contoh benjolan tersebut untuk diperiksa untuk menentukan apakah benjolan tersebut jinak atau ganas. Sering dokter spesialis bidang lain mengirim contoh jaringan ke Sp.PA untuk mendapatkan masukan tentang diagnosis dan pengobatan pasiennya. Untuk konsultan memakai huruf K.
  • Sp.R: Spesialis Radiologi. Dokter ini bertugas melakukan pemeriksaan image atau gambar-gambar medis seperti foto rontgen, CT-Scan, MRI, dan prosedur-prosedur lain untuk membantu mendiagnosis penyakit pasien dan pada keadaan tertentu mengobati pasien. Dokter ini juga memberikan terapi radiasi untuk pasien penderita kanker. Untuk konsultan memakai tambahan K.
  • Sp.M: Spesialis Mata
  • Sp. THT-KL: Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan-Kepala dan Leher. Dulu hanya dipakai Sp.THT namun nampaknya spesialisasi ini mengembangkan bidang tugasnya. Untuk konsultan memakai huruf K
  • Sp.OG:  Spesialis Obstetri Ginekologi atau spesialis kebidanan dan kandungan. Konsultan memakai huruf K
  • Sp.And: Spesialis Andrologi. Spesialis yang menangani kelainan-kelainan terkait hormon seksual pada laki-laki. Pasien-pasien disfungsi ereksi, dan gangguan seksual lainnya bisa berkonsultasi pada dokter spesialis ini.
  • Sp.MK: Spesialis Mikrobiologi Klinik. Dokter yang bertugas mengidentifikasi kuman yang menyebabkan penyakit pada pasien. Lebih banyak bekerja di laboratorium.
  • Sp.B: Spesialis Bedah. Biasanya disebut juga spesialis bedah umum karena bisa menangani berbagai penyakit yang memerlukan pembedahan. Biasanya untuk menjadi dokter bedah yang lebih khusus, mereka harus menjadi Sp.B dulu, namun kini hal tersebut mulai berubah dan sudah ada yang membolehkan langsung ke spesialis bedah yang lebih khusus.
Suasana dalam ruang operasi (dari  www.electrohio.com)

Suasana dalam ruang operasi (dari http://www.electrohio.com)

  • Sp.BD: Spesialis Bedah Digestif. Spesialis bedah untuk penyakit organ-organ pencernaan seperti usus, hati, pankreas, kantong empedu.
  • Sp.BOT: Spesialis Bedah Orthopedi dan Traumatologi, menangani pembedahan tulang, otot dan ligamen (jaringan yang menyambung otot dan tulang), serta keadaan yang diakibatkan oleh trauma atau luka akibat kecelakaan, bencana dan sebagainya.
  • Sp.BS: Spesialis Bedah Saraf. menangani pembedahan saraf seperti otak, tulang belakang, dan saraf-saraf yang lain.
  • Sp.BTKV: Spesialis Bedah Thoraks Kardiovaskular. Menangani bedah pada organ dada termasuk jantung dan pembuluh darah jantung, dan paru-paru
  • Sp.BP: Spesialis Bedah Plastik
  • Sp.BA: Spesialis Bedah Anak
  • Sp.BOnk: Spesialis Bedah Onkologi. Dokter yang menangani pembedahan tumor dan kanker.
  • Sp.U: Spesialis Urologi. Dulu disebut Sp.BU Spesialis Bedah Urologi. Menangani pembedahan ginjal dan saluran kemih, dan alat kelamin.
  • Sp.GK: Spesialis Gizi Klinik. Menangani perawatan gizi pada penyakit seperti pada diabetes, kegemukan dan keadaan-keadaan lain yang memerlukan penanganan gizi. Spesialis ini relatif masih baru. Saat ini pendidikannya hanya ada di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar.
  • Sp.RM: Spesialis Rehabilitas Medik. Dokter ini bertugas untuk melakukan rehabilitasi fungsi-fungsi fisik dan organ yang mengalami gangguan akibat kondisi dan penyakit tertentu  misalnya pasien pasca stroke yang kesulitan berbicara dan berjalan, pasien dengan fungsi paru yang menurun akibat penyakit paru kronis atau menahun dan lain-lain.
  • Sp.KK: Spesialis kulit dan Kelamin. Dokter spesialis ini adapula yang lebih terkonsentrasi ke kecantikan dan kosmetik.
  • Sp.An: Spesialis Anestesiologi. Dokter spesialis yang bertugas melakukan pembiusan serta penanganan pasien-pasien di ICU. sekarang telah berkembang pula sub spesialisasi atau konsultan dari bidang ini sebagai contoh: Sp.An-KIC Spesialis Anastesi-Konsultan Intensive Care atau intensivist yang merupakan sub bagian yang mendalami penanganan pasien-pasien gawat di ICU.
  • Sp.KJ: Spesialis Kedokteran Jiwa. Ahli inilah yang menangani pasien-pasien jiwa (gila), gangguan mental lainnya. Masyarakat masih sering bingung membedakan dokter untuk orang gangguan mental. Sering orang bilang bahwa orang gangguan dengan mental perlu perawatan dokter saraf padahal itu bagian Sp.KJ.

Daftar di atas sangat mungkin tidak lengkap dan tidak komfrehensif. Ada kecenderungan terjadinya spesialisasi ke arah yang lebih sempit lagi sedang terjadi sekarang ini, serta kadang-kadang adanya tumpang tindih diantara bidang tugas dokter-dokter spesialis tersebut. Jadi satu penyakit tertentu bisa saja diterapi oleh satu atau lebih bidang spesialisasi. Sebagai contoh penyakit pembesaran kelenjar tiroid atau gondok dulunya menjadi bidang garapan ahli bedah, namun sekarang juga menjadi milik Sp.THT-KL.

Berprofesi sebagai dokter menuntut kemauan dan kemampuan belajar secara terus menerus untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menangani pasien. Dokter dengan bidang spesialisasi yang sama seringkali punya pengetahuan dan keterampilan yang sangat berbeda, oleh karena itu pasien juga memiliki tanggungjawab untuk bersikap kritis dan mungkin perlu untuk mencari `second opinion` terkait diagnosis dan pengobatannya. Second opinion ini berasal dari dokter lain dengan bidang keahlian yang sama yang meninjau kasus dan data-data pasien untuk memberikan pendapat profesionalnya tentang bagaimana diagnosis dan pengobatan pasien tersebut. Second opinion bisa saja mengkomfirmasi keputusan dokter pertama atau berlainan, atau menambah beberapa pendapat tentang diagnosis dan pengobatan.

Namun dikalangan dokter, ada kewajiban merujuk pasien kepada dokter yang lebih ahli dan berpengalaman jika mengetahui bahwa kemampuannya tidak cukup untuk menangani kasus tertentu atau hasil evaluasi tindakan dan pengobatannya tidak memberikan hasil sesuai yang diharapkan.

Jadi kombinasi antara kewajiban dokter merujuk dan terbukanya peluang pasien mencari second opinion, secara teoretis bisa meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan kepada pasien. Namun fakta lapangan tentunya tidak pernah atau jarang semanis dengan teori, bukan?

Sangat sering dalam penanganan medis, seorang pasien ditangani oleh lebih dari satu orang dokter yang tergabung dalam satu tim agar penanganannya menjadi lebih komplit. Hanya saja hal ini juga mengakibatkan biaya pelayanan kesehatan yang harus dibayar pasien menjadi lebih banyak.

Perlu pembaca ketahui bahwa kecenderungan dokter-dokter indonesia memakai terlalu banyak gelar, setahu saya sangat berbeda dengan yang terjadi diluar negeri dimana dokternya hanya memakai gelar MD saja (Medical Doctor) tanpa tambahan embel-embel spesialisasinya. Dokter di luar negeri yang  ahli atau spesialis dalam bidang tertentu tidak memakai gelar spesialis di depan atau di belakang namanya.

Saya kira perbedaan  ini menjadi menarik untuk didiskusikan dari berbagai perspektif. Mungkinkah ini terkait dengan kecenderungan di masyarakat kita yang menjadikan gelar akademik sebagai lambang status sosial? Ataukah ini tanda bahwa jiwa feodalisme masih bercokol di tengah-tengah kita?

Iklan

224 thoughts on “Tahukah Anda: Gelar Dokter Spesialis dan Artinya

    • Halo Mbak Yunita. Mengenai itu saya juga kurang tahu apa sebabnya ya. Biasanya tulisannya cuma disorot (highlight) dulu kemudian klik kanan dan pilih copy dan di paste ke words. Saya tidak bisa menjawab kenapa tidak bisa untuk kasus Mbak Yunita. Mohon maaf kalau ada ketidaknyamanan.

  1. ada cara lain mbak nita, copy artikelnya saja tanpa judul, nanti judul diketik tersendiri setelah di paste di word.
    Untuk dokter Aminuddin, terimakasih banyak atas artikel2nya yang bagus. Semoga tulisan2 dokter menjadi amal jariyah yang tak putus-putusnya.

    • Assalamualaikum dok saya candra kelas 3 smp saya sangat ingin menjadi dokter,dok saya mau nanya sebaiknya saya melanjutkan ke mana ya???

  2. ass mbak….
    saya mw tnya…
    apakah seorang mempunyai cacat mata tapi tidak sejak lahir akan bisa menurunkan pada anaknya kelak…
    trima kasih

  3. Asslm,dok mohon maaf mungkin sebaiknya gambar/fotonya ditampilkan juga di blognya biar gak ada pembaca yang salah persepsi…

  4. sebagai tambahan :
    SpPD-KR : Spesialis penyakit dalam konsultan rematologis
    SpPD-KTI : Spesialis penyakit dalam konsultan tropik infeksi

    Sudah bukan lagi SpBOT namun SpOT

    SpAn : Spesialis Anastesi dan Reanimasi

    • Waalaikumsalam Prisma,
      SpOT, FICS itu singkatan Spesialis Orthopedi dan traumatologi , Fellow of International College of Surgeons. Jadi dokter ini ahli bedah tulang dan penanganan trauma (segala macam luka otot dan tulang) dan merupakan anggota/keahliannya diakui oleh organisasi dokter bedah secara internasional.

  5. Aslm dok

    Selain gelar spesialis pada dokter, ada beberapa dokter yang mempunyai gelar prof. Gelar tersebut berarti apa ya dok

    Timakasih
    Wslm

    • Waalaikumsalam wr wb.
      Gelar professor itu berarti mereka juga adalah dosen yang menyandang pangkat guru besar di perguruan tinggi. Professor adalah gelar kepangkatan dan bukan gelar akademik atau keahlian. Untuk menjadi professor, sekarang ini diwajibkan untuk menyandang gelar akademik S3 dan tentu saja pencapaian akademik untuk memenuhi persyaratan kepangkatan guru besar.
      Demikian penjelasannya,semoga bermamfaat.

  6. Assalamualaikum Dok..

    Saya mau bertanya..akhir” ini saya sering merasa ngilu pada tulang kaki saya,,kira” penyakit apa y dok..trus cara penangananya bagaimana…dan penyebabnya apa y kok bisa begini…terimakasih dok…

    • Waalaikumsalam wr wb.
      Pak Jalaluddin Akbar yang baik, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya karena tidak bisa menjawab pertanyaannya.
      Saya kira lebih baik anda konsultasi ke dokter yang lebih ahli ( bisa ke dokter ortopedi, dokter saraf, atau dokter penyakit dalam khusus bidang rematik). Lebih baik mungkin kalau anda pergi ke dokter umum atau ke puskesmas untuk pemeriksaan awal, dan dari sana bila memang perlu akan dirujuk ke dokter yang lebih ahli. Jangan ragu untuk memeriksakan diri.
      Doa dari saya, semoga segera pulih kembali.

    • Cici yang baik. Saya kurang tahu tentang MPHM itu. Kalau SpOG artinya spesialis obstetri ginekologi yang berarti spesialis kebidanan dan kandungan.

  7. assalamu’alaikum dok,.

    mau tanya, kenapa ya anak balita kalau kecapean ada testis nya yg membesar? itu apa nama penyakit nya? terus kalau lagi kambuh, apa yang harus saya lakukan?

    timakasih,
    wassalam.

  8. bisa tolong sekalian istilahnya dituliskan sesuai dengan istilah kedokterannya ( dalam bahasa inggris?) cth kebidanan = genekologi… thx ya

  9. dok, boleh tahu dokter SpOg (K), arti lebih detail dari Konsultan itu apa aja ya, concern pada apa aja dan kita bisa melihat dan atau memilih dokter SpOg(K) agar lebih spesifik ke yang kita inginkan bagaimana caranya…ada berapa macam konsentrasi SpoG (K) tersebut…
    terimakasih

    • Novi yang baik
      Konsultan pada SpOG itu berarti kepakarannya lebih mengkhusus lagi dan biasanya mereka adalah dosen di fakultas kedokteran. Ada beberapa kepakaran khusus ini seperti pakar onkologi obgin, pakar feto-maternal, pakar fertilitas dan lain-lain.

    • Waalaikumsalam wr wb
      Maksud Isfi ingin menjadi dokter kah?
      Kalau memang demikian, ini pendapat saya: menjadi dokter itu adalah pilihan sebagaimana profesi yang lain, meski kadang kadang ada pula orang yang dipaksa keadaan, dipilihkan menjalani profesi tertentu.
      Dokter apapun bidang spesialisasinya, peran mereka sama saja yaitu memberikan pelayanan yang terbaik bagi pasien dan punya tanggungjawab memajukan bidang ilmunya.
      Menjadi dokter butuh kerja dan belajar yang keras.
      Selamat berjuang.

  10. pak Dokter, kakak saya dikandungannya ada benjolan daging dan ada cairan harus konsultasi ke dokter apa ya? kakak saya tinggal di sorong, dokter konsultasi saya hanya menganjurkan untuk ke rumah sakit dharmais jakarta
    terimakasih

    • Saya kira dokter ahli kandungan (Sp.OG) atu bisa juga dokter bedah onkologi (Sp.B Onk). Semoga saja kakak anda bisa segera dirawat dengan sebaik-baiknya. Di Makassar terdapat pula terdapat rumah sakit yang bisa dijadikan rujukan, khususnya di rumah sakit pendidikan UNHAS yang memiliki cancer centre.

  11. assalamualaikum ….
    permisi saya adalah pelajar kelas 1 sma, saya ingin bertanya mengenai syarat internasional menjadi dokter seperti apa ???
    contoh : tinggi min….

    dan apakah ada jalur beasiswa bagi siswi yg berprestasi/standar nilai min untuk mndapatkan beasiswa tersebut ?? dan d’mana itu ?? 🙂
    terima kasih sebelumnya

    wassalamualaikum…..

    • waalaikumsalam wr wb
      syarat fisik untuk masuk ke kedokteran unhas: tidak buta warna dan tinggi badan lebih dari 150 cm. Syarat yang lebih penting adalah anda lulus ujian masuknya. Kalau standar fisik internasional saya tidak tahu.
      Saya kira Dikti sekarang menyediakan beasiswa untuk mahasiswa yang tidak mampu yang memiliki prestasi yang baik.

      salam

    • Saya kira persyaratan utamanya adalah anda lulus ujian masuknya (kalau di UNHAS ada ujian SNMPTN dan ujian khusus bagi jalur non subsidi). Yang membedakan keduanya adalah hanya pada pembayaran pertma kali masuk, sementara spp nya sama saja setiap semester.
      Biaya selama kuliah juga boleh dikata sama saja dengan fakultas yang lain. Masyarakat kita biasanya punya imej bahwa kedokteran itu mahal padahal itu keliru. Kalau anda kuliah di PTN, biayanya tak jauh berbeda dengan fakultas lain.

  12. Dokter, saya sangat ingin menjadi dokter jiwa. Yang ingin sy tanyakan, apakah sy bisa menempuh pendidikan untuk itu di fakultas psikologi? mohon tanggapannya, terimakasih.

    • Dokter jiwa (psikiater) berbeda dengan psikolog. Kalau anda mau jadi psikiater anda harus masuk fakultas kedokteran dan melanjutkan spesialisasi ilmu jiwa.

      • Setahu saya gangguan jiwa atau masalah jiwa tidak selalu berarti gila, rasanya kurang tepat jika SpKJ merawat kejiwaan adalah gila, di negara maju tidak digunakan gila adalah bermasalah jiwa atau sebaliknya, oleh sebab ituu di negara maju pasien yang ditangani oleh psikiater tidak selalu gila karena masalah kejiwaan ataupun masalah mental tidak selalu berarti gila,,

      • Benar Mbak Nina, dokter Sp.KJ menangi berbagai macam gangguan jiwa mulai dari yang ringan sampai berat. Yang berat itu salah satunya adalah yang biasa disebut orang awam orang gila.

  13. Ass Wr.Wb. Dokter sya mau tanya beberapa waktu yg lalu istri sya melakukan Oprasi Tumor Mamae dexta,atas dasar rujukan dri Dr.SpB umum,tetapi benjolan dan rasa sakit yg di keluhkan oleh istri sya masih ada dan terjadi.Apakah ada kemungkinan ada kesalahan dlm pengangkatan saat tindakkan tsb,lantas apa yg harus sya lakukan.

    • Waalaikumsalam wr wb. Pak Bambang yang saya hormati. Kebanyakan benjolan jinak pada payudara perempuan adalah dari jenis fibroadenoma. Tumor jinak jenis ini gampang mengalami kekambuhan meski sudah diangkat. Perubahan menjadi ganas sangat jarang sekali.
      Saya sarankan Pak Bambang membawa istri untuk kontrol kembali ke dokter yang membedahnya atau mencari second opinion dari dokter ahli yang lain jika memang diperlukan.

  14. ass wr.wb
    dok saya risma.saya mau bertanya dalam etika profesi dokter spesialis ginjal bagaimana dengan definisi,ruang lingkupnya,etika profesinya,referensi,persyaratan dan strukturnya dalam selama bekerja.
    mohon diberi penjelasannya dan bantuannya
    terimakasih

    • Risma yang baik. Pada dasarnya seluruh dokter dengan spesialisasi apapun terikat dengan kode etik kedokteran yang sama dan sumpah dokter yang sama. Jadi tidak ada perbedaan dalam masalah etika profesi, karena kode etik kedokteran bersifat universal.

  15. ass, dok saya fina, mau tanya ya dok, saya menderita gangguan telinga yg berdampak pada pendengaran saya sejak usia saya 3 tahun, hingga usia saya skrg menginjak 27 tahun, keluar nanah dan berdarah masih terjadi sekali jika terkena hujan atau kepnasan. saya juga dibantu alat pendengaran meski jarang saya gunakan, dr blang gendang telinga saya sudah rusak, saat ini saya hamil, apa bisa menurun pd anak saya? mengingat sakit yg saya derita sudah cukup lama dan tdk sembuh total. mohon penjelasannya ya dok.
    trims

    • Ibu Fina, terima kasih telah mampir.
      Dari riwayat yang ibu ceritakan, kemungkinan besar ibu menderita infeksi telinga bagian tengah pada waktu kecil yang memang banyak terjadi pada anak anak. Infeksi ini bisa membuat gendang telinga bocor yang pada kebanyakan kasus bisa sembuh sendiri bila infeksinya mereda, namun kadang kadang-kadang kebocoran gendang telinga ini sulit sembuh bila pecah sendiri. Ini dikarenakan lubangnya bisa lebih besar dan tidak teratur. Biasanya dokter membuat lubang yang kecil dengan cara menusuk gendang telinga untuk mengeluarkan cairan yang mengumpul ini apabila sudah terlalu banyak, untuk menghindari kebocoran secara otomatis.
      Teknologi transplantasi gendang telinga sudah lama ada, Bu. mengapa tidak mencoba hal tersebut, kalau memang gendang telinga Ibu sudah rusak.
      Penyakit Ibu tidak akan menurun pada anak, karena itu bukan penyakit keturunan Bu.

      • terima kasih dok untuk infonya, beberapa dokter yg saya temui memang memang menyarankan untuk dicangkok dok,jika ingin sembuh total, mengingat pertumbuhan sel di telinga saya sudah tdk secepat regenerasi pada anak, tapi apakah memang ini cara yg terbaik dok? adakah alternatif lain untuk proses penyembuhannya. Dan apakah ini berbahaya untuk kedepannya. sebelumnya trims ya dok untuk informasi dan waktunya.

      • Ibu Fina yang baik
        Saya kira mengetahui kondisi Ibu seperti itu, saya pikir mungkin prosedur transplantasi itu yang paling menjanjikan. kalau dibiarkan terbuka terus, komplikasi yang lebih berat bisa terjadi.
        Semoga Ibu diberi ketetapan hati.

  16. Assalamualaikum.artikelx sgt berguna. Dok,saya pernah operasi tumor payudara thn 2003 waktu berumur 14thh, kemudian thn 2009 terasa nyeri dan saya priksakan ke spesialis PA hasilx rasa nyeri saya bkn krn tumor.hanya penebalan kelenjar payudara.skrg saya merasakan nyeri lg.apa kemungkinan tumor saya kambuh?saya hrus priksa k dokter spesialis penyakit dalam atau dokter bedah ya dok?

    • Waalaikumsalam wr wb.
      Mbak Eka Afrida
      tumor jinak payudara atau biasa disebut fibroadenoma memang banyak dialami oleh mereka yang memasuki usia pubertas seiring denga perubahan hormon yang terjadi. Meski sudah diangkat, kemungkinan tumor yang dulunya masih kecil dan tak teraba bisa bertambah besar, sehingga menimbulkan kesan tumor yang diangkat tumbuh lagi padahal itu adalah tumor yang baru. Sebenarnya bila tumor ini bisa mengalami penyusutan sendiri, tapi sebaiknya diangkat bila bertambah besar atau menimbulkan nyeri yang mengganggu. Kalau nyeri sebaiknya diperiksakan ke dokter.
      Saya sarankan Eka pergi ke dokter bedah tumor yang gelarnya Sp.B Onk. Dokter bedah umum (Sp.B) juga bisa menjadi pilihan konsultasi Mbak.

    • Ruttavia yang baik
      Tidak ada syarat khusus yang berat untuk jadi dokter. Yang penting jangan buta warna, tinggi badan lebih dari 150 cm, dan lolos ujian masuk.

      • ohh jadi bgitu dok , denger denger masuk dokter perlu mental yang kuat , apakah benar begitu dok ?

      • semua pekerjaan dan profesi butuh mental kuat lho, gak boleh setengah setengah. yang penting belajar dengan baik, telaten, insya allah berhasil.

      • 1X lagi dok 😀 ,
        menjadi mahasiswa kedokteran , apakah akan terjadi , tekanan atau masalah dalam menghadapi masalah akademik dan non akademik ?

        wss

      • Ruttavia, kamu sekarang kelas berapa? Masih SMP?
        Belajar di sekolah dan perguruan tinggi prinsipnya sama saja. Pasti ada masa masa berat dan penuh tekanan, misalnya saat musim ujian datang. Jadi sekolah di mana saja pasti kita dituntut tahan banting.OK

  17. assalam dokter,,
    saya sekarang sedang menjalani studi S1 ilmu keperawatan,
    nah setelah lulus jd sarjana keperawatan dan ners nanti saya mau lanjut ke S2 kedokteran bisa atau tidak ya dok ??
    trimakasih..
    🙂

    • waalaikusalam wr wb
      bisa saja Mbak Ima. Biasanya kalau di Universitas Hasanuddin, S2 nya bukan dinamakan S2 kedokteran tapi S2 biomedis.

    • Randy yang baik
      Nicotine sebenarnya juga diperlukan dalam jumlah tertentu di dalam tubuh. Tubuh manusia terutama otak memiliki receptor untuk nicotine ini. Receptor nicotine di otak inilah yang diyakini bertanggungjawab menyebabkan ketergantungan nicotine.
      Yang menjadi masalah adalah apabila suplai nicotine ke dalam tubuh berlebihan, ini akan meneyebabkan penyakit.
      menurut satu laporan penelitian, baik perokok maupun yang tidak merokok tetap positive jika air seninya dites. Banyak ahli yang bilang, itu dikarenakan karena udara juga mengandung nicotine, terutama udara di sekitar perokok, jadi perokok pasif pasti test air seninya positif.
      disamping itu sumber nicotine juga bisa berasal dari sayuran contohnya brokoli, terong, dan tomat (tomat hijau paling tinggi lho kadar nicotinenya dibanding makanan lain). tapi itu tidak menjadi masalah, karena jumlahnya tidak banyak/berlebihan. Kalau merokok pasti jumlah yang masuk banyak sekali, dan melalui rute paru-paru yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Dan lagi, yang masuk ke paru-paru dengan merokok bukan hanya nicotine, tapi juga zat beracun yang lain seperti tar, karbon monoksida dan lain-lain.

    • Ya bisalah Randy. Dari penilitian diketahui bahwa setelah 5 tahun berhenti merokok, kesehatan perokok sudah sama dengan yang tidak sama sekali merokok. Tapi ingat, perokok pasif pun resikonya juga tinggi. Oleh sebab itu, orang tua yang merokok harus menjauh dari anaknya pada saat merokok. Untuk melindungi orang yang tak merokok di tempat publik, maka perlu disediakan ruangan khusus para perokok.

  18. ass dok..
    dok,berapa sih biaya yg dibutuhkan seorang mahasiswa kedokteran (PTN) utk bisa sampai lulus,gambaran secara umum aja dok,biar punya bayangan nantinya ??
    makasi dok..

    • waalaikumsalam wr wb

      Anto, Kalau biaya SPPnya relatif murah saja kalau kuliah di PTN. Tiap PTN membebani SPP yang berbeda-beda. Uang saku untuk hidup juga berbeda-beda di tiap kota. Ambil contoh di UNHAS, SPP per semester untuk golongan eksakta adalah 600.000 Rupiah, berarti setahun 1,2 juta. Kedokteran di UNHAS dengan kurikulum yang baru, bisa selesai dokter hanya dalam 5 tahun berarti biaya SPP sekitar 6 juta saja sampai selesai. Biaya hidup di Makassar sebulan untuk hidup layak ala mahasiswa ya sekitar 600 ribu sampai 1 juta. Anggaplah sejuta berarti dalam setahun 12 juta, dan sampai selesai dokter 60 juta. Ya dengan menghitung biaya-biaya lain, saya kira kurang dar seratus juta sudah bisa jadi dokter di Makassar, dengan catatan lulus ujian SNMPTN. Kalua jalur non subsidi biaya akan lebih besar.

    • Dok bls dong… apa lulusan SMA dgn pengalamanya mengikuti berbagai seminar juga dgn mempelajari semua yg berhub dgn kanker serviks, kista, miom dsb, apa bisa mnjadi SpOGK

      • Lia yang baik

        untuk menjadi SpOG(K) seseorang harus menjadi dokter dulu, kemudian mengambil spesialisasi obstetri dan ginekologi. Meski banyak tahu mengenai ilmu kebidanan tetapi bukan dokter, ya tidak bisa jadi dokter bukan?

  19. assalamualaikum.wr.wb
    dok sejak kecil hidung saya sering mengeluarkan darah apabila terkena matahari kelamaan. dan kadang2 keluar darah saat tidur. itu kenapa ya dok ???.
    waalaikumsallam wr.wb.

    • waalaikumsalam wr wb
      Sdr Rahmat Hidayat
      memang ada orang yang memiliki kerentanan untuk mengalami perdarahan pada hidung pada rongga hidung bagian depan, sedikit kena panas bisa keluar. dikatakan lebih dari 60 persen orang mengalami perdarahan hidung, paling banyak terjadi pada anak anak sampai umur 10 tahun, dan juga orang lebih dari 50 tahun. Selama tidak ada penyakit lain yang mendasari, dan bisa dihentikan saya kira tak perlu dirisaukan.Tapi kalau perdarahannya banyak sekali dan tidak bisa berhenti hanya dengan penekanan hidung, maka segera ke rumah sakit. Namun ada juga penyakit-penyakit yang lebih serius yang bisa mendasarinya. Ada baiknya pergi memeriksakan diri ke dokter.

    • waalaikumsalam wr wb
      Bisa saja saya kira, tapi di Indonesia kan ada batasan umur yang bisa masuk lagi mendaftar jadi mahasiswa kan.

  20. tinggi badan saya 143cm. Saya ingin sekali jadi dokter.
    Dok, apa masih ada kemungkinan saya bisa jadi dokter? Karena, rencananya saya ingin mendaftar di UNHAS.

    • Husnul yang baik, dari pengalaman yang lalu, UNHAS pernah menolak calon mahasiswa yang lulus yang tingginya kurang dari 150 cm. Saya sarankan anda mengontak UNHAS menanyakan masalah ini. Selamat berjuang dan jangan patah semangat

  21. Assalamualaikum dok.
    Saya seorang siswi SMPN3 peterongan jombang kls 3.
    Orang tua saya selalu mendorong saya untuk menjadi dokter, namun saya tidak mempunyai kelebihan dlm bidang pljrn IPA, dan aslinya saya juga menginginkan profesi itu tapi sy tidak yakin apakah sy bisa melakukannya. Apa yang yg hrs saya lakukan untuk meyakinkan diri sy bhwa sy psti bs jd dokter dan bagaimana memotivasi diri sendiri untuk menggemari pljrn IPA ? Apakah saya bs menjadi dokter (kelak) padahal sy tdk mmpunyai kelebihan dlm pljn IPA ?
    Mohon saran dan jawabannya dok sebagai motivasi untuk saya. Terimakasih, harap dibalas 🙂
    wassalam

    • Novianda yang baik
      Untuk menjadi dokter syarat pertama yang harus dipenuhi adalah lulus ujian masuknya.Nah ujian masuk kan, bukan hanya mata pelajaran terkait IPA. Jadi gak usah khawatir, apalagi Novianda masih sangat muda dan masih cukup waktu untuk lebih meningkatkan prestasi belajarnya. Mudah-mudahan dengan cita-cita yang tinggi itu, bisa membuat novianda menjadi berprestasi di sekolah. Jangan mudah putus asa.Terus berjuang ya.

  22. Dok, kalo misalnya ada internist menangani pasien… Dan pasien tersebut mempunyai masalah…. Misalnya jantung bengkak dan paru paru terendam air…. Tapi dokter internis tersebut mau tangani semua itu sendiri…. Bolehkah itu?

    • Cohazen yang baik

      yang anda sebutkan itu adalah tanda-tanda gagal jantung, artinya kekuatan daya pompa jantung sudah berkurang sehingga salah satu akibatnya adalah terjadinya pengumpulan cairan di paru-paru. Ini memang masih domain ahli penyakit dalam, tapi kalau mau lebih khusus lagi bisa dirawat oleh dokter spesialis jantung.
      Wallahu a`lam

  23. .assalamualaikum dok…
    Kalo misalnya kita sudah dinyatakan lulus melalui SNMPTN undangan di FK unhas, tpi ternyata tingginya gak sampe 150, gimana tuh dok ? Kan pas pendaftaran SNMPTN undangan syarat tinggi badan tidak ada dlam syarat-syarat yg harus diisi? Mohon jawabannya yah dok…terima kasih 🙂

    • waalaikumsalam wr wb
      Biasanya bagi calon mahasiswa itu disuruh pilih jurusan yang lain yang diminati, yang tidak mempersyaratkan demikian.

      • Jangan khawatir Nur Hidayah…kalau memang tidak bisa jadi dokter…maka masih banyak profesi lain yang sama mulianya yang terbuka untukmu. Banyak orang sukses di luar sana yang bisa menjadi contoh. Yang penting belajar sungguh-sungguh dan bekerja dengan giat. Insya Allah tujuan sampai

  24. dok jadi dokter enak ga sih? saya disuruh jadi bedah thoraks tapi saya maunya di bidang forensik, kalo di forensik ada ketentuan yang berbeda ga sih dok dari yg lain?. makasih dokter.

    • Nunu, jadi dokter saya kira sama saja dengan profesi lain. Kalau kita menikmatinya, kita bisa merasa senang dalam menjalankannya. Jadi dokter apapun, semuanya sama saja dilihat dari pengabdian yang diberikan kepada masyarakat. Semua bidang spesialisasi punya tantangan tersendiri, dan tentu saja keasyikannya juga tersendiri.

  25. Aku juga mau jadi dokter spesialis,makasih atas informasi nya..
    oh iya mau nanya dok, singkatan kalau spesialis kanker apa ?

      • Silka yang baik, spesialis kanker itu macam-macam juga, contohnya bisa dari yang berlatar belakang penyakit dalam contohnya Sp.PD, Konsultan Hematologi Onkologi Medik, dari yang berlatarbelakang bedah contohnya Spesialis Bedah Onkologi (Sp.BOnk.) dll
        Ahli jantung bisa Sp.JP, bisa spesilais bedah jantung dll

    • waalaikumsalam wr wb
      Pak Ramadhan..saya bangga dengan kemenakan Bapak yang memiliki semangat yang tinggi untuk mejadi dokter meski dengan kekurangan fisik.
      Mengenai bisa atau tidak, boleh saja mencoba…saya sendiri tidak pasti .
      Biasanya diputuskan kasus per kasus oleh fakultas.

  26. Dok, saya ingin tanya.. Apakah orang yg sudah operasi jantung (tetralogy of fallot) bisa kambuh lagi penyakitnya?
    Dan untuk memeriksa apakah dia kena kanker melanoma atau gk dibgian dokter mana?

    Thanks.. 🙂

    • Miyu yang baik
      Kemajuan ilmu kedokteran sekarang ini bisa memperbaiki kelainan jantung Tetralogy Fallot dengan lebih baik, sehingga harapan hidup bayi yang dilahirkan dengan kelainan ini sangat baik, bisa sampai dewasa. Namun demikian, orang dengan kelainan ini harus terus dipantau kesehatannya secara umum, karena kesempatan timbulnya kekambuhan gejala-gejala juga boleh terjadi.
      Untuk memeriksa kecurigaan melanoma, sebaiknya ke dokter ahli penyakit kulit.
      Semoga infonya bermamfaat ya

  27. asalamualaikum, dok saya mau tanya, gimana ya caranya mengakali harga buku-buku kedokteran yang katanya lumayan mahal? kira-kira kalo kita copy, kita termasuk plagiat gak? atau itu diperbolehkan?

    • Waalaikumsalam wr wb

      Rahma yang baik..
      Untuk mengakalinya ada beberapa cara, yang pertama Rahma bisa mendownload ebook kedokteran yang free lewat internet, yang kedua boleh pula dengan membaca begitu banyak website kedokteran yang bisa diakses kapan saja. Hanya saja kebanyakan website yang baik tersebut dalam bahasa Inggris, sehingga mau tidak mau harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik.
      Ketiga, bisa pinjam di perpustakaan universitas dan fakultas yang saya kira gratis.
      Mengenai fotokopi buku-buku kedokteran, saya kira boleh aja asalkan tidak untuk diperdagangkan, dan tidak direproduksi dalam bentuk buku. Jadi dikopi saja bagian-bagian yang diperlukan.

  28. Aslm wr wb.
    Dok, saya perempuan, umur 26 tahun. Sejak kecil, saya selalu mengalami rasa sakit di bagian perut bawah ketika datang bulan. Rasa sakitnya: benar2 sakit, sampai harus ijin kuliah & kerja. SEjak beberapa tahun lalu sampai sekarang, saya sering keluar darah, tapi waktunya bukan pada saat datang bulan. Istilah dlm Islam, mungkin: istihadhah. Ketika itu saya memeriksakan diri ke dr.SpOG, setelah menjalani USG, hasilnya: tidak ada hal2 yang mengkhawatirkan di seputar rahim saya. Kemudian saya juga mengambil second opinion dengan memeriksakan diri ke RS. Saya minta USG abdomen waktu itu. Hasilnya juga bagus. Tidak ada tanda2 adanya penyakit tertentu. Tapi, rasa nyeri yang hebat masih sering terjadi. Dan keluarnya darah diluar haid, juga masih sering terjadi. Kira2, kenapa ya, dok? Mungkin jawaban dokter dapat membantu. Terimakasih sebelumnya.

    • Jasmine yang baik

      Dari keterangan yang anda berikan, saya menduga anda mengalami dysmenorrhea. Dysmenorrhea adalah adalah rasa sakit yang sangat yang menyertai haid. Biasanya mulai terasa ketika akan mulai memasuki masa haid dan mencapai puncaknya pada beberapa hari pertama haid.
      Secara sederhana, ada dua macam dysmenorrhea ini. Yang pertama disebut dysmenorrhea primer. Sering terjadi pada wanita sejak pertama kali mengalami haid. Dysmenorrhea ini bisa membaik atau bertambah ringan seiring bertambahnya umur , atau setelah melahirkan anak. Penyebabnya dikaitkan dengan zat yang disebut Prostaglandin yang dihasilkan dinding rahim selama siklus haid.
      Yang kedua adalah dysmenorrhea sekunder. Ini bisa disebabkan oleh keadaan atau kelainan tertentu. Biasanya rasa sakitnya lebih lama dibanding dysmenorrhea primer. Dysmenorrhea jenis ini boleh muncul pada umur yang lebih lanjut dibanding yang primer, dan gejalanya bisa bertambah berat seiring bertambahnya umur.
      Beberapa penyebab dysmenorrhea sekunder ini seperti endometriosis, yaitu adanya jaringan rahim yang tumbuh di luar rahim, bisa di indung telur, saluran telur dan organ lain. jaringan ini sebagimana jaringan rahim juga mengalami respon siklus haid yang menyebabkan terjadinya rasa sakit pada organ jaringan inangnya.
      Penyebab yang lain adalah kemungkinan adanya pertumbuhan tumor di lapisan rahim seperti adenomyosis, fibroid dan sebagainya.
      Dysmenorrhea sekunder ini bisa dideteksi penyebabnya dengan USG misalnya. Dari keterangan anda, hasil USG menunjukkan tidak adanya kelainan. Jadi kemungkinan anda hanya mengalami nyeri haid yang primer. Namun demikian pemeriksaan lebih lanjut bisa saja dilakukan bila memang ada indikasi.
      Untuk menghilangkan rasa sakit, saya kira dokter anda bisa memberi obat penghilang rasa sakit selama haid. anda juga bisa minum suplemen Vitamin B1 dan magnesium untuk meringankan gejala nyeri haid. Anda juga disarankan untuk melakukan olahraga, mendapat cukup tidur, dan latihan relaksasi untuk meringankan nyeri haid.

  29. Assalamu’alaikum dokter, saya mau tanya, untuk dokter spesialis anak, apakah didalamnya termasuk pengobatan anak dalam hal-hal bedah juga? dan untuk SpKK, apakah bisa dok hanya mengambil Kecantikannya saja?

    • waalaikumsalam wr wb

      Untuk bedah anak, ada dokter spesialis bedah anak yang berbeda dengan spesialis anak. Sepengetahuan saya, masih belum ada subspesialis kecantikan untuk Sp.KK

  30. dok, apa semua universitas mengharuskan tinggi min 150 cm? dan dokter yang dibutuhkan akhir2 ini apa ya dok? saya pernah menonton tv katanya dokter kanker masih sangat jarang peminatnya. terima kasih dok

    • Deby

      Saya tidak tahu apa semua universitas mengharuskan tinggi minimal 150 cm. Deby bisa tanya langsung ke institusinya.
      Semua jenis spesialisasi sangat dibutuhkan, tidak terkecuali dokter yang terspesialisasi menangani kanker.

  31. apakah lulusan smk jurusan adm perkantoran….bisa menjadi dokter spesialis anak…karena dari kecil saya bercita-cita menjadi dokter spesialis anak.orang tua saya menyuruh saya untuk sekolah smk adm perkantoran karena kurangnya biaya.tapi walaupun lulusan smk adm perkantoran saya yakin bisa….berusaha dan disertai doa

    • Persyaratan masuk kedokteran antara satu institusi dengan yang lainnya bisa berbeda, untuk pelajar SMK dimungkinkan juga untuk masuk kedokteran. Coba cek universitas-universitas yang membolehkan.

  32. Ooh begitu dong .__. Ngomong2 saya kelas 1 sma jurusan ipa .__. Saya ingin sekali jadi dokter kulit, tapi saya masih ragu apakah untuk dokter spesialis kulit itu boleh dipisah dengan spesialis kelamin ataukah harus mempelajari keduanya? 😀

  33. Satu lagi dok 😀 SNMPTN atau ujian – ujian masuk fakultas kedokteran itu, materi apa saja yg diujikan? Apakah hanya bidang biologi saja ataukah ada yg lain? Terima kasih 🙂

  34. Dok, kalo spesialis darah apa gelarnya?
    Ada info tetang dokter spesialis darah yang konsen/ahli pada kekentalan darah di yoyakarta gak?
    terima kasih…

    • Mas Budi
      Ahli yang berkonsentrasi ke Hematologi ada pada bagian anak, bagian penyakit dalam, dan bagian patologi klinik.
      Mengenai ahlinya di Yogjakarta saya kurang tahu. Mas Budi bisa menanyakan ke rumah sakit atau cari di Yellow Pages, atau internet.

      • Dokter bisa minta alamat praktek dokter ahli hematologi
        Sy mendapat saran u/ ke Prof dr. Fakruddin (ahli hematologi) di makassar , tp sy tdk tau tempatnya dokter
        Sy baru brdomisili di Makassar

  35. Dok, mohon rekomendasinya dong, saya mau berobat ke spesialis penyakit dalam tapi subspesialis endokrin… karena saya punya masalah dengan pembengkakan kelenjar tiroid saya.
    Mohon rekomendasinya dong Dok terutama untuk dokter yang prakter sekitar Depok or Cibinong or Bogor…
    Makasih ya dok (^_^)

    • Mbak Elis Lestyani S., yang saya hormati

      Mohon maaf ya, Saya tak mengenal satu pun dokter di daerah yang dimaksud sebab domisili saya di Makassar. mohon maaf ya tak bisa ngebantu.
      Jangan sampai ada pembaca budiman yang bisa membantu?

  36. Salamun’alayk.
    maaf dok,sy seorg pasien post-kuret krn mola. Smpe skrg,sy msih dlm pengawasan dr.Sp.OG untuk check kadar B-HCG stiap bulanx. Di bln ke dua stelah kuretase,kadar B-HCGnya meningkat dr 4rb-an ke 5rb-an. Kira2 apa penyebab peningkatan itu dok?
    Trus,dr.Sp.OG menyuruh sy untk konsul lanjutan ke Sp.OG(K). Tapi,sy masih ragu untk konsul lanjutn dok krn klo mmg peningkatan B-HCG itu krn stres,mmg 1bln terakhr ini sy stres berat.

    • Waalaikumsalam wr wb

      Ibu Nur, setelah kuretase Mola, kita harapkan Beta hCG akan terus menurun sampai taraf normal dalam 3-4 bulan setelah kuretase. Untuk Ibu, coba cek sekali lagi di bulan ketiga kadar Beta hCGnya. Kalau terus meningkat, saya sarankan untuk konsultasi segera ke dokter yang lebih ahli (konsulen) karena itu boleh berarti ada keganasan. Diperlukan pemeriksaan lanjut seperti pemeriksaan jaringan rahim dan lain-lain untuk mengetahui penyebab sebenarnya. Stress saya kira tidak terlalu bertanggungjawab terhadap kenaikan tersebut. Dengan segera memeriksakan diri dan berdoa, insya Allah mudah-mudahan Ibu segera mendapat kejelasan dan kesembuhan.

      • Ibu Nur

        Banyak hal yang bisa menyebabkan Beta-hCG naik, Bu. Kehamilan, Tumor di ovarium dan di rahim, adalah sebagian contoh-contohnya. stress saya kira bukan salah satu penyebabnya.
        Saya sarankan Ibu itu untuk USG kembali baik untuk mengetahui keadaan rahim dan indung telur (ovarium) Ibu, dan memeriksa kadar Beta-HCGnya sekali lagi. Apa saat ini ada perdarahan di saluran lahir?

  37. Saat ini sy haid dok. Apakah pasca kuretase,haid gak teratur dok? sejak 2pekan lalu sy haid trus berhenti dan selang 1pekan,sy haid lgi. darah yg keluar adalah darah haid (dlht dr warna dan baux),berbeda dgn saat perdarahan pasca proses kuretase.

    • Bu Nur yang baik
      Setelah kuretase, seseorang bisa segera mendapat haid secara normal yang lamanya 4-7 hari. Umumnya darah haid hanya keluar sekali dalam sebulan. Oleh karena itu saya kira Bu Nur sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter yang ahli. Kalau cepat tertangani Insya Allah harapan sembuhnya 100%. jadi Ibu jangan sungkan untuk memeriksakan diri sesegera mungkin. Demikian saran saya

  38. Assalaamu’alaikum pak dokter. Saya fina 18 thn. Dok, sekitar setengah tahun yg lalu, saya pernah mengunyah makanan terlalu keras, akibatnya jika saya sedang membuka mulut lebar2, artikulasio temporomandibularis kiri saya berbunyi dan terasa nyeri. saya sudah pernah diberi fisioterapi, alhamdulillah nyerinya sudah berkurang bahkan sekarang sudah hilang. tetapi saat saya menyikat gigi atau menguap, sendi tersebut terkadang masih suka berbunyi, dok. apa yg kira2 harus dilakukan untuk menanggulanginya ya dok? mohon penjelasannya, trmksh dok 🙂

    • Fina yang baik

      Cukup banyak orang yang bila membuka mulut lebar-lebar sendi temporomandibularnya berbunyik klik, asalkan tidak lepas dan terasa sakit tidak mengapa. Untuk sementara hindari dulu makan yang keras-keras, jangan terlalu sering membuka mulut lebar-lebar (banyak mengistrahatkan sendinya), dan memasase dengan lembut daerah otot di atas sendi. Mungkin perlu agak lama untuk sembuh seperti sedia kala.
      Kalau memang menggangu atau kalau ingin mengetahui kondisi sebenarnya, konsultasi saja dengan dokter bedah ortophedi atau dokter bedah mulut (spesialisasi dokter gigi)

  39. Bismillah.
    Salam kenal dok. maaf dok,sy mau tanya ttg penyakit ibu sy yang berumur 45 thn. Ibu sy merasakan sakit yang sangat di bagian lututnya hingga sulit untuk jongkok ketika buang air dan sulit untuk duduk di antara dua sujud sperti saat shalat. Kira2 itu gejala penyakit apa ya dok? bagamana cara mengobatinya dan apa makanan pantangannya? Kalopun harus ke dokter, minta tolong disarankan ke dokter siapa dok. Kalo ada dokter perempuan, lebih bagus lagi. Terima kasih atas tanggapannya dok.

    • Nur yang baik

      Sebaiknya Ibu anda dibawa ke dokter untuk segera diperiksakan. Untuk konsultasi saya kira ke dokter penyakit dalam dengan keahlian khusus rematik dan penyakit sendi bisa menjadi pilihan yang bagus.
      Saya tidak bisa mengira-ngira penyakit Ibu anda. Butuh pemeriksaan fisik, lab, dan radiologi untuk mendiagnosisnya.
      Semoga tanggapan saya bisa bermamfaat.

      • Terima kasih atas tanggapannya dok. Maaf dok,bs tolong rekomendasikan dimana bs sy temui dokter Sp.PD yg sub ahli rematik dan sendi? Terima kasih.

      • Apakah Nur tinggal di Makassar?
        Kalau demikian boleh bawah ke RS Pendidikan Unhas atau RS Wahidin Sudiro Husodo, di sana banyak ahli yang bisa menangani. And boleh juga menanyakan tempat praktek dokter tertentu, bila ingin konsultasi di tempat praktek. Petugas bisa memberi anda alamatnya. namun yang paling penting Ibunya mendapat pemeriksaan terlebih dahulu supaya bisa diketahui penyebabnya. Bisa saja dokter pertama akan menyarankan dokter spesialis tertentu yang lain setelah penyakitnya bisa diduga atau diketahui

  40. Ping balik: Tahukah Anda: Gelar Dokter Spesialis dan Artinya | yunifridayani

  41. Assalamualaikum dok maaf meminta waktunya aku mau nanya gimana cara belajar dokter dulu saat SMA? Apa dokter selalu mendapat nilai diatas 80 dalam mata pelajaran IPA? makasih sebelumnya

    • Waalaikumsalm wr wb

      Nadiah Ushbah yang pintar

      Belajarnya biasa saja, yang penting teratur. Paling tidak sejam sehari dipakai untuk mengulang pelajaran tambah kerja PR. Tidak melulu belajar, ada selingan olahraga dan bermain sama teman, baca buku cerita dan lain lain.
      Nilai saya usahakan gak pernah merah. Kalau bisa dapat maksimal, kan lebih baik.
      Nadiah masih muda, tanamkan kebiasaan yang baik seperti belajar teratur, rajin membaca apa saja yang bermamfaat, rajin menulis/karangan, dan melatih percaya diri berbicara di depan orang banyak. Dan yang paling penting juga rajin membantu orang tua. OK ya.

      • makasih dok sarannya saya akan berusaha melakukannya.
        Dok maaf saya mau tanya lagi,kalo terlalu sering minum teh (secara rutin) bisa berbahaya atau tidak ya?

      • Minum teh secara rutin saya kira tidak berbahaya, malah banyak zat yang terkandung dalam teh yang bisa bermamfaat bagi kesehatan. Kalau pakai gula pasir untuk pemanis, mesti dipakai jangan berlebih-lebihan. Pahit-pahit dikit gak apa-apa kan.

  42. Sore dokter
    Saya mau tanya, misal saya mau priksa gatal pada kulit itu sama dokter spesialis kulit bisa kan dokter? Kalo tulisan na Sp. KK (K) itu artinya apa ya? Trimakasih

  43. Sebagai bahan informasi, MPHM adalah gelar profesional dibidang manajemen kesehatan tanaman – Master in Plant Health Management

  44. Assalamu’alaikum
    Dok, apakah seorang dokter memungkinkan untuk mengambil spesialis lebih dari satu spesialis ?
    Trims

  45. Dokter saya mau nanya…. saya rencana mau masuk Akbid…. nanti sya bisa dapat gelar SpOG gx…. makasih…
    mohon balasannya!!!1

  46. Berguna sekali artikelnya dok… ^^
    Dok, apakah anda punya kenalan dokter spesialis jantung?
    Jika ada, apakah dia juga mempunyai blog seperti dokter aminuddin…?
    Soalnya, hehe. Saya mau jadi dokter jantung 🙂 siapa tau dgn melihat blog pribadi dokter jantung sy jadi lbh tau soal jantung..
    Thanks dok.. semoga dibalas & ada orangnya hehehe

  47. dok saya mau tanya saya perlu berkonsultasi dengan dokter ginekologi tapi di tempat saya tinggl dokter tersebut belum ad. apakah saya lebih baik berkonsultasi dengan dokter kandungan? sedangkan yang saya tahu di internet dokter ginekologi dan dokter kandungan adalah berbeda tolng penjelasnya

  48. Dok, kalau makan mie instan kan seharusnya satu kali dalam seminggu. Lebih dari itu bisa menyebabkan penyakit sindrom kardiometabolik. Dan menyebabkan gangguan kesehatan lainnya seperti ginjal dan jantung. Tapi kalau selama ini makan mie instannya lebih dari satu gimana caranya buat mencegah agar jgn sampe kena penyakit tsb ?
    iya mulai dari sekarang sudah dibiasakan utk tdk sering mengkonsumsi mie instan lg. Jadi apa perlu ke dokter untuk berobat ?

    • Silka yang baik
      Mie instant sebenarnya tidak berbahaya seperti anggapan sebagian orang. Hanya yang perlu diperhatikan adalah kandungan Natrium yang cukup tinggi. Ini kurang bagus bagi penderita hipertensi atau yang mengalami payah jantung. Bagi mereka bumbu mie instantnya jangan dipakai semua.
      Selain itu, Saya kira aman-aman saja

    • waalaikumsalam
      Dulu pernah bisa diterima di FK berdasarkan kebijakan Pemerintah, namun masing-masing universitas bisa punya kebijakan sendiri. Sekarang saya sendiri kurang tahu.

  49. Assalamu Alaikum Om Dokter. Saya mau jadi Dokter juga 😀 saya baru berumur 15 tahun, cita cita saya jadi Dokter Spesialis Jantung, jadi kalau udah tercapai nama gelar saya SP.BTKV yah om? Doain saya yah om Dokter cita cita saya terkabul. Aamiin.

  50. Dok, saya sekolah kls 1 SMK Kesehatan jurusan Analis Kesehatan.
    Ingin sekali menjadi dokter makanya saya disuruh masuk smk kesehatan agar apabila masuk kuliah nanti sudah sedikit mengerti tentang pelajaran2 dibidang medis itu, dan ternyata setelah saya lihat rata2 fakultas kedokteran di pulau jawa hanya menerima lulusan SMA IPA.
    Saya ingin sekali masuk UNHAS dan kebetulan nenek saya dari makassar tapi sayangnya saya tidak terlalu dekat dengan keluarga yang disana.

  51. Dok, saya sudah 2 bulan ini tegang kepala kanan belakang sampai leher, leher nya seperti bengkak dan berpengaruh ke telinga kanan saya seperti tertutup setiap menelan seperti ada yg nyangkut ditelinga. Makin kesini nyerinya makin menyebar ke kepala Bagian kiri dan punggung (belikat) kiri terutama rasanya nyeri seperti ditusuk. Sudah sering saya ke dokter umum dgn maksud diberi tahu lah saya harus kemana, tp semua dokter bilang gak papa dan cuma diperiksa fisik saja. Menurut dokter bagaimana saya harus konsultasi kemana?karna rasa sakitnya semakin tidak bisa ditoleransi. Terimakasih dokter sebelumnya. Semoga saya mendapat pencerahan aamiin.

  52. Selamat Malam Mau tanya, Bapak sy Recana Rujuk Ke Rs Unhas Makassar di bagian dibagian difestif,kira2 prosedurx bagaimn ya kalo sampai di Rs unhas makassar apa langsung melapor ke bagian digestif ato gmn Mohon infonya ya? Terima Kasih

  53. Assalamualaykum,dok anak sy umur 2 thn, di diagnosa hemangioma di bibir bwah sblh kanan s/d mukosa dinding mulut kanan bawah,itu kalau operasi ke doktr bdah umum,onkolgi atau bdah mulut y dok?doktr bdah mulut itu sblmx dktr gigi atau doktr umum y dok?

    • Waalaikumsalam wrwb
      Pak Fajar, Sejauh pengetahuan saya hemangioma pada anak, terutama yang kecil masih bisa mengalami involusi (mengecil dan menghilang seiring berjalannya waktu, tapi ada pula yang akan menetap dan perlu dioperasi. Saya kira Bapak bisa bawah anaknya ke dokter bedah umum, bedah onkologi atau dokter kulit. Dokter bedah mulut itu adalah spesialisasi dari dokter gigi, Pak. Saya kurang tahu apakah dokter bedah mulut kompetensinya mencakup hemangioma apa tidak. Bapak boleh kok berkonsultasi

  54. Dok sya mau tanya, 3hri sblm lbran kmrn sy jatuh dri motor dan bengkak biru2 keunguan dan ada sdikit benjolan di lutut agak kebawah sdkit. Kalo posisi brdiri kaki mau di luruskan ke arah blkg terasa sakit nyeri gitu, sy mau periksakan kira2 ke dokter mana ya? Dokter penyakit dalam atau lgsg ke dokter tulang? Trimkasih

  55. Ass.. Mbak. Tolong bantu saya untuk tugas pokok seorang dr.spesialis jantung, penyakit dalam, obgyn, paru pada sebuah Rumah Sakit. Terima kasih. Wassalam..

  56. dokter saya mau tanya. saya kelas 3smk jurusan analis kesehatan. saya bingung dok mau masuk jurusan analis atau ingin masuk jurusan spesialis kulit dan kelamin. menurut dokter lebih baik sya masuk dijurusan yg mana? dan bisa tidak jurusan analis kesehatan masuk ke spesialis kulit dan kelamin? terimakasih dok

  57. Isi artikelnya lengkap banget. Ada arti gelar sekaligus bidang kerja dokter spesialis. Aku izin buat baca-baca ya…..Thank you very much

      • ada klinik check up organ di klinik Dr. IN (namanya dr. sian In), menurut info bahwa ybs dokter spesial organ. Proses cek up nya menggunakan alat seperti senter kecil di pegang tangan kiri dan di arahkan ke dada, kemudian di print sebanyak 19 halaman (isinya tentang hal-hal yang berhubungan dengan organ kita, misalnya kondisi jantung, lambung, ginjal dll).

      • Gak ada setahu saya dokter spesialis organ yang yang begituan. yang ada mungkin dokter spesialis radiologi yang menggunakan alat-alat imaging/pemindai untuk mengetahui keadaan organ-organ dalam atau dokter spesialais lain yang menggunakan ultrasonography, echocardiography, dll untuk memantau organ tertentu sesuai dengan keahlian mereka.

  58. Salam dok. mau tanya … kalau CTC konsulnya kemana dulu (SpS atau SpBS) ? (tangan kiri dan kanan sdh operasi, tapi yg kiri kurang berhasil masih sering sakit lagi)

  59. Assalamualaikum dok, aku mau nanya.
    Kalau jumlah tahun yg ditempuh untuk mendapat gelar dokter spesialis bedah toraks mulai dri awal kuliah sampai dpt glr s2 itu brp?

  60. assalamuallaikum dokter.
    saya ingin bertanya. ibu saya kan ada luka diabetes di sebelah jari kelingking kaki nya. ini sudah hampir 2 bulan tapi lukanya kok belum kering ya dok?. padahal selalu di bersihkan dengan larutan nacl dan ditutup dengan baktigras dan hansaplas, pernah juga di rendam dengan air daun sirih. gula darah nya pun normal dok, tapi kenapa masih basah ya dok?
    obat gula yang diminum glibenklamid. apakah obat gulanya harus diganti dok?
    mohon dijawab ya dok

    terima kasih

    • Rahma Nur yang baik

      Penyembuhan luka pada pasien diabetes memang lebih lambat dibanding orang yang tidak diabetes. Yang penting dijaga agar kebersihan luka tetap terjaga agar proses penyembuhan tidak terganggu. Sebaiknya luka dikontrol ke dokter secara teratur untuk mendapat perawatan dan tindakan yang sesuai. Kalau gula darah terkontrol saya kira tidak perlu mengganti atau menambah obatnya. Kadang memeriksa gula darah sesekali tidak representatif untuk mengetahui kadar gula darah ibu Anda sudah terkontro atau tidak. Dokter biasanya memeriksa HbA1c untuk melihat kontrol gula darah selama 3 bulan terakhir. Biasanya kita harapkan angka HbA1c-nya dibawah 7%

  61. Salam knl dok.. sdh 4 bln lbh sy menderita benjolan di leher sebelah kiri tepatnya di bwh otot leher. Benjolannya keras ϑαπ tdk sakit klo di tekan, tdk demam jg. Sampe skrg blm kempes jg dok. Malahan skrg udh timbul gatal2 yg sngt menyiksa di seluruh leher ϑαπ bahu. Kira2 penyakit apa ya dok yg sy alami? Trima ksh..

    • Hasri yang baik
      Benjolan di leher bisa jadi karena pembesaran kelenjar getah bening atau pembesaran karena adanya benjolan. Dari keterangan Hasri, kemungkinan itu pembesaran kelenjar bening dibawah otot leher yang biasa disebut limfadenopati. Pembesaran ini bisa bersifat tidak berbahaya bisa pula merupakan tanda penyakit yang lebih serius. Perlu pemeriksaan dokter yang seksama untuk menentukan apakah benjolan ini berbahaya atau tidak. Secara umum pembesaran kelenjar getah bening yang lebih besar dari 1 cm merupakan tanda yang penting. Perlu juga diperiksa apakah kelenjar getah bening yang lain juga membesar atau hanya di satu tempat. Pembesaran getah bening yang lama seperti saudara Hasri yang sudah terjadi selama 4 bulan perlu perhatian serius. Dari keterangan Hasri ada gatal-gatal di daerah leher dan bahu. Keterkaitan ini dengan pembesaran kelenjar getah bening bisa saja ada. Proses lokal seperti ini bisa juga menjadi penyebab pembesaran getah bening. Pembesaran getah bening yang disertai penurunan berat badan, keringat malam yang banyak, demam yang hilang timbul, bisa saja merupakan tanda penyakit yang lebih serius.
      Saya sarankan Hasri memriksakan diri ke dokter penyakit dalam.
      Semoga Hasri bisa cepat sembuh ya. Silakan nulis komentar lagi kalau masih ada pertanyaan.

  62. Selamat Siang Dokter,
    Saya baru melakukan tes papsmear, dan dari search di internet, saya tahu hasilnya kurang Bagus.karenanya, saya mencari dokter spog untuk membantu menjelaskan hasil lab saya(ASCUS)dan memberi pengobatan jika misal ada infeksi atau apa.
    Namun dokter spog nya tidak bisa menjelaskan, dan saya disuruh cari dokter onkologi. Pertanyaan saya, saya harus ke spog(k) atau sp. B. Onk? Saya bingung karena kalau saya baca dari internet biasanya hasil papsmear bisa di jelaskan oleh dokter kandungan, tapi saya disuruh langsung ke onkologi. Saya khawatir dengan hasil pap saya. Mohon jawabannya Dokter. Terima Kasih.

    • Oktalia yang baik biasanya hasil pap smear dijelaskan oleh dr patologi yg melakukan pemeriksaan spesimen. dr spog juga sbnrnya bisa menjelaskan. mungkin oktalia sj yg masih mau cari info tambahan. sy sarankan ke spog(k) yg konsultan onkologi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s